Strategi Dan Tips Melakukan
Bisnis Online Yang Meyakinkan
1. Buatlah Kesan Pertama Kali yang
Mengesankan

Yang pertama, anda perlu menjaga pengunjung situs
Anda untuk terlibat aktif. Dibutuhkan sepersekian detik bagi seorang pengunjung
untuk menyukai situs Anda atau tidak. Sebagai pelaku usaha yang baik anda harus
memikirkan hal-hal yang bersifat sederhana sekalipun. Seperti nama toko online,
cara seperti ini dapat memberikan kemudahaan dalam pemberian nama yang tepat
untuk toko online anda.
2. Gunakan Pernak Pernik Menarik Untuk
Mengisi Toko Online

Sebagai pemilik toko online yang baik Anda harus
mengetahui bahwa pelanggan Anda akan mengingat 80% dari apa yang mereka lihat
dan 20% dari apa yang mereka baca. Dua faktor yang paling menentukan desain web
yang bagus serta gambar produk terlihat jelas dan memperlihatkan informasi yang
detil. Fokus anda harus tertuju sepenuhnya terhadap situs ecommerce yang anda
miliki karena dengan begitu bisa memberikan kesan yang baik di mata para
pelanggan.
3. Tingkatkan Navigasi Toko Online Anda

Desainlah rancangan navigasi yang tidak membuat
pengunjung stress. Navigasi tersebut harus dapat berfungsi untuk memberi
kemudahan bagi para pengunjung menemukan apa yang mereka cari karena jika
mereka tidak dapat menemukan apa yang dicari pengunjung tidak bisa membeli
produk kita. Cara ini mudah untuk diterapkan dan sudah terbukti sangat efektif.
Tambahkan produk-produk terbaru karena seorang konsumen yang telah menjadi
pelanggan biasanya menginginkan koleksi terbaru anda.
Kebanyakan yang telah terjadi para pelanggan enggan
untuk menelusuri dan melihat produk yang lama tapi cenderung ingin selalu
melihat produk yang terbaru. Ini dapat disiasati dengan cara menambahkan tab
produk baru dalam navigasi utama anda dimaksudkan supaya lebih terlihat dan
untuk “menggoda” pengunjung baru untuk melihat situs anda.
4. Miliki Ide Dan Gagasan yang Kreatif

Kita bisa membuat ecommerce baru menjadi kreatif
apabila kita bisa menjual sesuatu yang bahkan orang pun tidak tahu. Di sini
ide-ide kreatif kita berbicara, produk apa yang jika kita ciptakan itu bisa
mendatangkan potensi yang lebih besar untuk perkembangan bisnis online Anda.
Contohnya, sesuatu yang sederhana tetapi sifatnya masih membumi itu yang akan
lebih dikenal oleh orang banyak dibandingkan sesuatu yang bersifat besar tetapi
tidak besifat umum.
5. Menyusun USP (Unique Selling
Proposition)

Komponen ini sangat diperlukan bagi pengembangan
penjualan Anda. Setiap bisnis memliki sesuatu yang penting dan yang
membedakannya dari yang lain, anda hanya perlu memahami dan mencermati apa itu.
Alternatif lain ialah dengan melakukan penelitian dengan para pesaing anda. Apa
yang mereka fokuskan, apa yang kurang hingga bisakah kita membawa semua
kelebihan tersebut untuk para pelanggan.
6. Bangun Pemikiran Positif Pada Halaman
Profil

Halaman tentang kami (about us) adalah jendela ke
dalam bisnis Anda. Halaman tersebut dapat menarik sekitar 7% dari pengunjung
yang datang. Ini saja sudah menjadi alasan yang cukup kuat untuk mulai
merancang bagian halaman ini dengan sebaik-baiknya. Suguhkanlah hal-hal yang
bersifat jujur di halaman informasi tentang kami dan di sertai dengan desain
yang akan memicu rasa ingin tahu para pengunjung.

Ini sebuah toko online brow,dimana orang bisa saja
ingin menghubungi atau bahkan membeli produk kapan saja dan dimana saja. Untuk
itu anda diharuskan agar siap melayani kapanpun mereka menghubungi
anda.Bagaimana kalau pembeli menghubungi saya di tengah malam? Disinilah
pentingnya kejelasan desain toko yang sudah saya jelaskan di atas. Untuk
mengatasi hal tersebut,anda bisa menjelaskan di toko anda seperti :
a. Waktu dan
jam buka di toko online anda.
b. Maksimal
online customer service di toko online anda.
Dengan cara begitu pembeli tidak akan menghubungi
anda di luar jam yang sudah di tentukan di atas.Tidak berhenti sampai di situ,
menjadi customer juga ada triknya. Untuk lebih singkat dijelaskan
point-pointnya:
a. Cepat
menanggapi pesan dari pembeli.
b. Mengucapkan
TERIMA KASIH sebelum membalas pesan dari pembeli.
c. Menerima
saran dan masukan dengan sabar.
d. Segera
meminta maaf jika terjadi masalah walaupun penyebabnya bukan dari kita sendiri. Misal (keterlambatan
pengiriman,slow respon dan masalah lain).
8. Desain dan Fitur toko online

Ini sudah menjadi sebuah keharusan dimana sebuah
desain akan sangat berpengaruh pada hasil penjualan.Desain toko online yang
kurang profesional bisa berimbas pada kurangnya tingkat kepercayaan calon pembeli
terhadap toko kita,sekalipun tidak ada unsur penipuan disini.
Untuk itu tips dari saya, bangunlah toko online anda
seindah mungkin dan nyaman di kunjungi oleh calon pembeli.Buat pengunjung lebih
betah melihat koleksi produk anda yang tidak menutup kemungkinan akan
menghasilkan sebuah penjualan. Desain dalam artian lebih jauh yaitu :
a. Pemilihan warna template (Profesional olshop
template).
b. Perpaduan fitur pendukung seperti
(Navigasi,slideshow,banner,dll)
c. Kejelasan mengenai Cara belanja,metode pengiriman,
dan yang tidak kalah penting
Cara pembayaran.
d. Widget kontak dan alamat yang jelas untuk
mempermudah pembeli menghubungi anda.
9. Foto Produk yang Menarik dan
Berkualitas

Nah inilah salah satu kunci sukses sebuah toko
online kalau menurut saya sendiri.Dengan memberikan kualitas foto dan juga
kejelasan produk anda akan memberikan destinasi berbelanja yang luar biasa.
Kreteria foto yang menarik disini :
a. Kualitas
dari foto produk bagus (Tidak pecah/buram)
b. Lengkapi
foto produk dari segala sudut (Misalkan dari depan,belakang dan samping)
c. Sebelum
di upload sebaiknya foto di perkecil/di kompres agar tidak berat saat loading browser.
SUMBER :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar